TIPS MENAKLUKKAN UNBK YANG MENAKUTKAN

_DSC0700Awal 2016 tepatnya tgl 4-7 dan 11-12 bulan april tentunya menjadi hari buruk bagi siswa SMA/MA/SMK serta tanggal 9-12 mei bagi siswa SMP/MTs yang akan menghadapi ujian nasional, apalagi di tahun ajaran ini pelaksanaan ujian nasional dibagi menjadi dua, yakni Paper based test (PBT) dan Computer Based Test (CBT) atau yang disebut juga dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tentu hal ini akan membuat kepanikan tersendiri di kalangan siswa karena mendengar namanya (UNBK) saja sudah sangat amat menakutkan, sehingga banyak siswa beranggapan bahwa dirinya tidak siap, grogi, sampai-sampai ada yang berdemo didepan sekolah hanya untuk membatalkan UNBK yang diselenggarakan oleh sekolahnya (konyol).

Perlu kalian ketahui Ujian Nasional tahun ini sangat menekankan pentingnya integritas saat pelaksanaan berlangsung. Jadi disamping hasil yang bagus, diharapkan setiap siswa peserta ujian menjunjung tinggi nilai kejujuran dan itegritas saat mengerjakan setiap soal yang ada. Hasil ujian nasional nantinya yang diberikan disamping nilai dan predikat hasil tes juga akan diberikan indeks integritas. Indeks integritas menggambarkan tingkat kejujuran suatu sekolah saat melaksanakan ujian. Hasil penilaian tersebut nantinya akan dikirim ke pemerintah daerah maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dengan adanya IIS (Indeks Integritas Sekolah ) ini, diharapkan setiap sekolah akan senantiasa menjaga wibawanya melalui pelaksanaan UN dengan penuh kejujuran. Bersyukurlah karena sekolahmu mampu melaksanakan UNBK.

Apabila sekolahmu termasuk dalam daftar pelaksanaan UNBK, tenanglah. Karena hari-hari yang buruk, grogi serta menakutkan itu akan sirna begitu saja jika kamu membekali diri dengan persiapan khusus.

Dengan mengikuti persiapan khusus di bawah ini, kamu pasti dapat melalui UNBK dengan lancar serta bisa meraih nilai yang gemilang didalam moment sekali seumur hidup ini!

1, Berdoa

Sebagai pelajar yang baik maka jadikan berdoa sebagai kunci yang paling ampuh dalam menghadapi apapun termasuk UNBK. Sebuah keyakinan yang harus tertanam kuat bahwa doa merupakan jalan yang paling tepat, setelah usaha untuk medapatkan sukses.

2. SIAP Mental

Mental disini bukan grogi atau tidaknya menghadapi UNBK atau gematarkah saat memegang mouse? Bukan itu yang dimaksud. Mental disini adalah kesiapan anda dalam materi maupun kepercayaan diri. Percuma semua materi menguasai, jika tidak percaya diri. Akhir-akhir ini banyak jasa yang menjual kunci jawaban. Sehebat apapun sevice mereka tidak usah menggunakan jasa itu, karena jika itu dilakukan maka anda tidak percaya pada diri sendiri. Sejak awal katakana pada diri anda “saya siap UNBK dan siap berprestasi”

3. kebiasan buruk, LUPAKAN

Kebiasaan buruk yang hanya akan menghambat prestasi anda sebaiknya buang jauh-jauh. Kebiasan buruk seperti “nongkrong” pulang larut malam, game online maupun offline sampai lupa waktu, nonton K drama dan fim-film lain sampai berlarut-larut, dan kegiatan yang tidak produktif lainnya segera tinggalkan saja. Bukannya tidak boleh namun semua harus seimbang. Penghambat terbesar dalam hidup adalah diri sediri. Tentukan minat anda sekarang SUKSES atau TIDAK SUKSES!

4. Disiplin dan konsisten dalam Belajar

Disiplin dan konsisten dalam belajar merupakan tips berikutnya yang harus menjadi prioritas. Belajar tidak perlu lama melainkan konsisten setiap hari misal 1 jam. Maka lakukan kegiatan ini secara konsisten sehingga hasilnya akan maksimal. Jangan biarkan menunda-nunda belajar akan menjadi faktor utama penyesalan akibat kegagalan.

Jangan merepotkan dirimu sendiri dengan mempelajari semua materi yang kamu dapat selama tiga tahun bersekolah di SMA. Tim dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah membuat kisi-kisi soal UN 2016 agar kamu  dapat memenuhi nilai Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Jadi, pelajari kisi-kisi soal UN 2016 dengan baik. Buatlah rangkuman materi berdasarkan kisi-kisi tersebut.

Adanya kisi-kisi UN 2016 yang dikeluarkan oleh BSNP ini akan sangat membantumu dalam mempelajari materi. Waktumu juga akan banyak tersimpan karena tidak perlu membaca materi yang tidak akan muncul dalam soal-soal UN 2016. Ingat, ya, kisi-kisi yang benar dan resmi hanya dikeluarkan oleh BSNP. Jadi, selalu aktiflah mencari informasi dari teman-teman atau guru-guru di sekolahmu.

5. Pelajari Teknis Unbk

Namanya juga sistem pelaksanaan baru, tentu saja kamu harus mempelajari banyak hal tentang UNBK ini. Jangan sampai kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan ketika UNBK berlangsung. Tenang, pihak sekolah pasti akan melakukan sosialisasi dan simulasi UNBK, tapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencari informasi tambahan. Kamu bisa mendapatkannya di internet, kok.

Misalnya, nih, sebelum menjawab soal-soal pada layar komputer, ternyata kamu harus terlebih dulu melakukan log in dengan mengisi data diri kamu. Dan setelah waktu yang ditentukan untuk mengerjakan soal-soal telah habis, sistem komputer akan log out dengan sendirinya. Info-info seperti itulah yang harus kamu ketahui agar kamu tidak melakukan kesalahan selama UNBK berlangsung.

6. SIMULASI

Didalam UNBK akan ada beberapa tahapan antara lain, simulasi 1, 2, dan gladi bersih yang akan melibatkan petugas (teknisi, proktor dan pengawas) setra kalian para siswa yang akan mengikuti ujian nasional. Jadi selama Pelaksanaan cermatlah memeriksa identitas serta mapel yang diujikan, cermat dan pahamilah soal-soal yang kalian jawab, karena pasti soal-soal ujian nasional nantinya akan tidak jauh berbeda dari ujian simulasi.

7. Perilaku

Apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak pada esok hari. Itu pasti! Jika hari ini berbuat baik maka esok juga akan menerima kebaikan. Dan jika hari ini berbuat buruk maka esok akan menerima keburukan. Jadi pastikan dalam proses mengerjakan UNBK nanti anda kerjakan dengan jalan yang benar dan halal sehingga akan membawa berkah bagi kehidupan yang akan datang. Berikutnya adalah sayang terhadap orang tua, sudah bukan rahasia lagi bahwa doa orang tua akan mempermudah jalan menuju sukses.

Selain melakukan ketujuh tips di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Kamu tidak mau, kan, kondisi tubuhmu malah tumbang saat UN 2016. Ingatlah tips pertama yaitu berdoa, berdoa akan menjaga batinmu agar selalu tenang. Bagaimana, Quipperrian? Sekarang kamu sudah tidak merasa terlalu khawatir dengan UNBK, kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s