Keunikan Kereta Api Indonesia

1. Kereta Api Argo Dwipangga adalah satu-satunya kereta yang tidak menggunakan nama gunung meskipun di depannya menggunakan kata argo, seperti Argo Gede, Argo Lawu, Argo WIlis.

2. Nama kereta Api Bangunkarta tujuan Jakarta-Jombang bukanlah nama kota, tetapi merupakan singkatan nama kota yang dilewatinya jomBANG madiUN jaKARTA, inipula yang menginspirasikan aku menggunakan tengakarta sebagai banyak akun di internet :P

3. Kereta Api Taksaka tujuan Jakarta-Yogyakarta berasal dari nama taksaka yang berarti naga

4. Sementara nama Kereta Api Sembrani berasal dari kata sembrani yang berarti kuda

5. Kereta Api Bima tujuan Jakarta-Surabaya yang melewati Yogyakarta dulu memiliki design berupa kamar, bukan tempat duduk

6. Jalur kereta api antara stasiun Cikini hingga Stasiun Jayakarta di Jakarta dulu menempel di tanah tidak dibangun rel layang seperti saat ini

7. Kalau anda mengira bahwa Terowongan Ijo adalah terowongan kereta api terpanjang di Indonesia, maka perkiraan anda salah. Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang hingga saat tulisan ini dibuat masih aktif dlalui kereta api adalah Terowongan Sasak saat yang terletak di antara Bandung dengan Purwakarta.

Terowongan Sasaksaat

8. Sementara jembatan kereta api terpanjang adalah Jembatan Cikubang yang berada di Jawa Barat, panjangnya sekitar 300 meter

9. Di Jakarta stasiun dengan jumlah jalur keberangkatan terbanyak dan hampir semuanya aktif adalah Stasiun Jakarta Kota, dengan 12 jalur dan melayani seluruh penjuru kota Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan kota-kota di Pulau Jawa, dan ini adalah tantangan bagi para petugas untuk menginformasikan jalur pemberangkatan sesuai tujuan kereta kepada penumpang :P

10. Stasiun yang telah bangun dari mati suri adalah Stasiun Tanjung Priok, setelah lama tidak berfungsi kini Stasiun Tanjung Priok yang merupakan peninggalan Belanda kini sudah melayani perjalanan dalam kota dan luar kota meskipun dalam jumlah yang terbatas

11. Depo kereta api terbesar di Asia Tenggara adalah depo kereta yang dibangun di Depok, Jawa Barat baru-baru ini

12. Di Jakarta mungkin terowongan kereta api hanya berada di sebelah selatan Stasiun Cawang yang di atasnya merupakan Jalan MT Haryono, sebuah jalan yang cukup lebar karena terdiri dari jalan tol dan jalan arteri

13. Di Jakarta anda masih bisa menemukan jalur kereta yang masih rel tunggal, yaitu antara Stasiun Duri hingga Stasiun Tangerang. Seharusnya jalur ini mampu membantu kepadatan Jaan Daan Mogot.

14. Tau Kereta Pakuan dan kereta ekspres lainnya di Jakarta? Di Jepang kereta tersebut adalah kereta kelas ekonomi, sementara di Jakarta?

15. Hanya Jabotabek yang memiliki elektrisasi kereta api, namun bagi warga Bandung ada kabar gembira, pemerintah akan membangin jaringan listrik dari Jakarta ke Bandung, entah kapan terealisasinya.

16. Tau Kereta Api Harina tujuan Bandung Semarang? Dulunya kereta ini melalui Bandung-Kroya-Purwokert-Prupuk-Semarang namun karena rute yang sepi penumpang maka kini KA Harina berubah trayek Bandung-Cikampek-Cirebon-Semarang

17. Kereta api tercepat yang diakui sampai saat ini adalah Argo Bromo Anggrek, dengan harga tiket antara 200-350 ribu rupiah anda dapat menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya hanya dengan waktu 9 jam! Uniknya penobatan kereta api tercepat di Indonesia bukan berdasarkan kecepatan kereta saja, tapi lebih dihitung berdasarkan jarak tempuh dengan waktu tempuh. Kenapa? Karena lokomotif Kereta Api Argo Bromo Anggrek tidak ada bedanya dengan Lokomotif Kereta Ekonomi Progo Jakarta-Lempuyangan

18. Kecelakaan kereta api yang paling fatal adalah tragedi Bintaro yang menewaskan lebih dari 100 orang

19. Anda tahu Kota Temanggung? Meskipun berada di ketinggian, kota ini dulu memiliki jalur kereta dengan tujuan Magelang Jogjakarta dan Ambarawa.

20. Stasiun Kampung Bandan adalah stasiun terunik, ada dua jalur rel yang saling berpapasan satu dibawah stasiun dan satu lagi di atasnya Hehehe kayaknya itu aja deh yang aku tau. Masih banyak hal-hal unik lainnya tentang perkeretaapian di Indonesia. Nanti aku update lagi.Oke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s