Manfaat Kacang Hijau & Kacang Kedelai

green soybean

green soybean

** Kedelai, Bahan Pangan Penyayang Tulang
Seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup dan jumlah lansia di Indonesia, diperkirakan prevalensi terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang meningkat. Kehilangan massa tulang kebanyakan dialami oleh wanita berusia 40 tahun ke atas, yaitu setelah mengalami menopause, pada waktu itu produksi hormon estrogennya rendah. Akibatnya, kini banyak ditawarkan terapi sulih hormon estrogen.

** Kedelai, Bahan Pangan Penyayang Tulang
Seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup dan jumlah lansia di Indonesia, diperkirakan prevalensi terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang meningkat. Kehilangan massa tulang kebanyakan dialami oleh wanita berusia 40 tahun ke atas, yaitu setelah mengalami menopause, pada waktu itu produksi hormon estrogennya rendah. Akibatnya, kini banyak ditawarkan terapi sulih hormon estrogen.

** Nutrisi Kedelai
Nutrisi Kedelai, Nilai per 100 gram porsi makanan

** Manfaat Susu Kedelai
Susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Namun, kandungan kolesterol pada susu sapi masih tergolong sangat rendah jika
dibandingkan bahan pangan hewani lainnya.

** Manfaat Plus Kedelai
Kedelai, seperti yang telah kita ketahui bersama adalah sumber protein nabati yang dijadikan bahan pengganti sumber protein hewani. Protein yang terkandung dalam kedelai adalah 35% – 43%, lebih tinggi dibanding beras, jagung, tapioka, kacang hijau dan telur ayam. Bagi orang dewasa
yang umumnya membutuhkan sekitar 55 g protein hewani perhari, misalnya, hanya dengan mengkonsumsi sekitar 160 g kedelai, kebutuhan protein tersebut sudah terpenuhi.

** Protein Kedelai Setara Daging Merah
Kebiasaan mengonsumsi golongan kacang-kacanganan seperti tempe dan tahu berpengaruh positif pada kesehatan. Menurut Dr drh Yvonne M Indrawani SU, kepala Laboratorium Gizi Kesmas FKM UI, dalam kedelai terdapat aneka zat penting. Salah satunya adalah fitoestrogen. Zat aktif itu membantu meningkatkan hormon estrogen.

* Isoflavon, Senyawa Multi-Manfaat Dalam Kedelai
Hasil-hasil penelitian di berbagai bidang kesehatan telah membuktikan bahwa konsumsi produk-produk kedelai berperan penting dalam menurunkan resiko terkena berbagai penyakit degeneratif. Ternyata, hal tersebut salah satunya disebabkan adanya zat isoflavon dalam kedelai. Isoflavon merupakan faktor kunci dalam kedelai sehingga memiliki potensi memerangi penyakit tertentu.

* Manfaatkan Kedelai untuk Kecantikan
Satu lagi penemuan di bidang kecantikan, terutama perawatan kulit, ditemukan oleh putra bangsa. Adalah Dr dokter Prasetyowati Subchan SpKK (K) yang telah berhasil mengadakan penelitian mengenai manfaat kedelai.

* Isoflavon, Makanan Ajaib
Jika Anda rajin mengikuti informasi kesehatan tentu sudah sering mendengar istilah Isoflavon. Benda apa sebetulnya Isoflavon ? Nutrisi barukah? Dengan semakin majunya teknologi, khususnya di dunia nutrisi, kita mengenal zat gizi yang sebelumnya tidak kita ketahui. Isoflavon adalah salah satunya. Masih ada ratusan lagi zat-zat gizi lainnya yang ditemukan dibuah-buahan, sayuran, polong-polongan, kacang dan biji-bijian. Isoflavon bisa Anda dapatkan pada kelompok tumbuhan polong-polongan. Kedelai sebagai salah satu anggota keluarga kelompok polong-polongan mempunyai kadar Isoflavon yang tinggi.

ARTIKEL KACANG HIJAU

* Kacang Hijau, dari Wikipedia
Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang dimakan rakyat Indonesia pada umumnya. Kacang hijau mudah digunakan dan dimasak. Cukup banyak makanan yang divariasi dari kacang hijau misal: Bubur kacang hijau atau sebagai isi dari onde-onde dan lain lain.

* Kaya Karbohidrat dan Protein, tapi Rendah Lemak
Karbohidrat merupakan komponen terbesar (lebih dari 55%) biji kacang hijau, yang terdiri dari pati, gula dan serat. Pati pada kacang hijau memiliki daya cerna yang sangat tinggi yaitu 99,8 persen, sehingga sangat baik untuk dijadikan bahan makanan untuk bayi dan anak balita yang sistem pencernaannya belum sesempurna orang dewasa.

* Kacang Hijau
Tanaman ini banyak ditanam di sawah dan ladang yang bertanah lembab dan cukup mendapatkan sinar matahari. Tumbuhan perdu berbatang basah ini tingginya mencapai 3 m. Kacang hijau adalah tanaman pendek bercabang tegak. Bunganya berbentuk kupu-kupu dan berwarna kuning kehijauan atau kuning pucat. Dari bunga itulah terbentuk polongan yang berisi 10 – 15 biji kacang hijau.Kulitnya hijau berbiji putih dan sering dibuat kecambah atau taoge. Daunnya berbentuk segitiga menyirip.

* Kacang Hijau
Kacang hijau berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang berdiet atau berkolesterol tinggi.

* Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
Kacang Hijau banyak tumbuh hampir disemua tempat di Indonesia. Berbagai jenis makanan (olahan) asal kacang hijau seperti bubur, minuman, bakpia, gandasturi dan lain-lain.

* Seribu Manfaat Kacang Hijau
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengkonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s