Kurangi Kecepatan Mobil dengan Tanda 3D

The image of a girl rears up out of the road to alert drivers to their speed

Teknologi 3D dijadikan sebagai alat “warning sign” yang tak lazim agar pengguna jalan di Kanada tak lagi ngebut saat berkendara. Khususnya di jalan raya dekat sekolahan yang banyak dilalui anak-anak.
Dibilang tak lazim, karena, penampakan tiga dimensi yang digunakan “tanda peringatan” agar memperlambat kendaraan ialah visualisasi anak kecil secara 3D yang tiba-tiba menyeberang jalan, berlari mengejar bola.

Dari jauh, gambar itu hanya akan terlihat seperti sebuah tanda. Namun begitu kendaraan berada pada jarak 30 meter, gambar 3D itu akan langsung muncul sekelebat, dan akan menghilang begitu kendaraan berada pada jarak yang lebih dekat.

Jika kecepatan mobil sesuai dengan batas kecepatan yaitu 30 km/jam, maka para pengemudi bisa memberhentikan kendaraannya sebelum menabrak gambar tersebut.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Rabu (15/9/2010), para ahli mengatakan bahwa ilusi 3D tersebut sengaja dirancang untuk mengajarkan para pengemudi untuk selalu siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga di jalanan.

Penampakan 3D tersebut nantinya akan ditempatkan di luar SD Ecole Pauline Johnson di West Vancouver, Kanada dan akan disertai tanda yang tertulis “Anda tentunya tidak berharap anak-anak akan berlari ke jalan.”

Namun beberapa orang berpendapat bahwa gambar tersebut justru membuat pengemudi kaget kemudian menginjak rem dengan keras atau bahkan membanting stir ke arah lain jika mereka tidak menyadari bahwa gadis itu hanyalah ilusi. Menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s